Cerdas, dan Beriman

TARI MERAK

Siswa SMP Negeri 3 Tebo Melakukan pentas Seni Drama di Aula SMP pada Maret 2014

SAMBUTAN KEPSEK SMPN 3 TEBO

semoga menjadi sarana untuk para guru bisa meningkatkan kemampuannya di media internet

SABTU BUGAR

Sabtu Bugar merupakan kegiatan senam pagi secara rutin yang dilaksanakan setiap hari sabtu pagi pukul 7.30 s.d. 8.10 .

Kegiatan SMP N 3 Tebo

Para siswa SMP Negeri 3 Tebo berpakaian adat yang menunjukkan Bhineka Tunggal Ika.

Carnaval 2014

KARNAVAL DALAM RANGKA MEMPERINGATI HUT KE-69 REPUBLIK INDONESIA.

Rabu, 18 November 2015

Menyusun Teks Tanggapan Kritis

KOREA FOOd.
       *Menyusun Teks Tanggapan Kritis.*
Disusun oleh:-AYU K.S      -LILI Y.    –SELVI A.    –TISSA T.W
    
Orientasi:      Korea terkenal dengan negara “Ginseng.”Karena
                  di Korea terdapat banyak tumbuhan ginseng dan                
                  merupakan salah satu negara penghasil ginseng
                  terbesar.Selain ginsengnya yang terkenal,Korea
                  juga terkenal dengan makanannya yang khas.
Evaluasi:       Makanan khas negara Korea salah satunya
                  adalah “Kimchi.”Kimchi merupakan makanan
                  fermentasi dari kubis dan campuran bubuk cabe.
                  Hampir seluruh negara telah mengenal makanan
                  Khas Korea yaitu Kimchi.
Tafsiran:       Kimchi memiliki cita rasa yang enak,sehingga
                 membuat sebagian besar masyarakat Korea
                 menyukainya.Cara membuatnya pun terkenal
                 sangat praktis.Bahkan anak sekolah pun sudah bisa
                 membuatnya.Bila musim dingin telah tiba,
                 masyarakat  Korea mulai sibuk untuk membuat
               Kimchi sebagai hidangan atau makanan di musim
               dingin.Dibalik rasanya yang enak dan cara
               membuatnya yang praktis,menurut ahli kesehatan
               kita juga tidak boleh mengonsumsi makanan Kimchi
               secara berlebihan karna akan menimbulkan dampak
               yang tidak baik bagi kesehatan tubuh bagian dalam
               terutama pada kesehatan otak.Otak akan melemah
               dan daya ingatan pun berkurang.
Kesimpulan:     Dengan demikian,kita boleh mengonsumsi
                      Kimchi dengan jumlah sewajarnya,tetapi tidak dengan
                      jumlah yang berlebihan.Karna akan menimbulkan

                      dampak yang tidak baik bagi kesehatan tubuh.

CONTOH TEKS TANGGAPAN KRITIS Dan Stukturnya

“SMARTPHONE”
Disusun oleh;ANISA MAULINA, DIAN PRANATA,DITA AMELIA PUTRI,TIARA NISSI,JULI HASIHOLAN.

ORIENTASI:
        Smartphone adalah sebuah alat komunikasi yang canggih.Alat ini tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi,tetapi juga digunakan untuk mengakses aplikasi-aplikasi yang sesuai dengan pekerjaan,aktivitas,dan lain-lain.SAMSUNG,ADVAN,ASUS,APPLE,danBLACKBERRY merupakan contoh smartphone yang tren saat ini.

EVALUASI:
         Canggihnya smartphone membuat para remaja juga turut adil untuk menggunakannya.Menurut mereka smartphone adalah kehidupan mereka.Alat canggih ini sudah seakan-akan tidak bisa hilang dari kehidupan mereka.

TAFSIRAN:
          Namun,banyak orang tua yang tidak setuju anaknya menggunakan smartphone.Dengan alasan,smartphone belum terlalu penting bagi anak remajanya.Juga,smartphone di anggap membawa dampak negatif bagi remaja karena smartphone dapat digunakan untuk melihat situs-situs dewasa.Ada juga orang tua yang setuju anaknya menggunakan smartphone dengan smartphone dapat digunakan untuk mengakses aplikasi yang berbau pembelajaran.Dampak positif lainnya smartphone bisa digunakan untuk mencari teman-teman lama dan berkomunikasi jarak jauh.

KESIMPULAN:

           Sebaiknya kita memakai smartphone denagn cara yang baik,agar kita tidak terjerumus ke dalam hal-hal yang negatif dan juga dapat merugikan diri sendiri.

Berdasarkan contoh tersebut, Sutruktur Teks Tanggapan kritis adalah :
1. Orientasi
2. Evaluasi
3. Tafsiran
4. Kesimpulan.

Dalam Buku Teks siswa kelas IX  struktur teks Tanggapan Kritis adalah :
1. Evaluasi
2. Deskripsi Teks
3. Penegasan ulang.

Sepintas kedua versi struktur itu membingungkan, namun bila dicermati secara bersama tidaklah membingungkan. Orientasi merupakan gambaran umum tentang apa yang akan dibicarakan, atau pengantar menuju masalah yang akan dibicarakan. sedangkan evaluasi adalah masalah yang dapat mengundang beberapa pandangan baik pro maupun kontra.

Tafsiran sama halnya dengan deskripsi teks, yakni memuat pandangan yang mendukung (pro) disertai alasan yang meyakinkan. Di samping pernyataan yang mendukung, juga memuat pandangan yang menulak (kontra).