Cerdas, dan Beriman

Rabu, 18 November 2015

CONTOH TEKS TANGGAPAN KRITIS Dan Stukturnya

“SMARTPHONE”
Disusun oleh;ANISA MAULINA, DIAN PRANATA,DITA AMELIA PUTRI,TIARA NISSI,JULI HASIHOLAN.

ORIENTASI:
        Smartphone adalah sebuah alat komunikasi yang canggih.Alat ini tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi,tetapi juga digunakan untuk mengakses aplikasi-aplikasi yang sesuai dengan pekerjaan,aktivitas,dan lain-lain.SAMSUNG,ADVAN,ASUS,APPLE,danBLACKBERRY merupakan contoh smartphone yang tren saat ini.

EVALUASI:
         Canggihnya smartphone membuat para remaja juga turut adil untuk menggunakannya.Menurut mereka smartphone adalah kehidupan mereka.Alat canggih ini sudah seakan-akan tidak bisa hilang dari kehidupan mereka.

TAFSIRAN:
          Namun,banyak orang tua yang tidak setuju anaknya menggunakan smartphone.Dengan alasan,smartphone belum terlalu penting bagi anak remajanya.Juga,smartphone di anggap membawa dampak negatif bagi remaja karena smartphone dapat digunakan untuk melihat situs-situs dewasa.Ada juga orang tua yang setuju anaknya menggunakan smartphone dengan smartphone dapat digunakan untuk mengakses aplikasi yang berbau pembelajaran.Dampak positif lainnya smartphone bisa digunakan untuk mencari teman-teman lama dan berkomunikasi jarak jauh.

KESIMPULAN:

           Sebaiknya kita memakai smartphone denagn cara yang baik,agar kita tidak terjerumus ke dalam hal-hal yang negatif dan juga dapat merugikan diri sendiri.

Berdasarkan contoh tersebut, Sutruktur Teks Tanggapan kritis adalah :
1. Orientasi
2. Evaluasi
3. Tafsiran
4. Kesimpulan.

Dalam Buku Teks siswa kelas IX  struktur teks Tanggapan Kritis adalah :
1. Evaluasi
2. Deskripsi Teks
3. Penegasan ulang.

Sepintas kedua versi struktur itu membingungkan, namun bila dicermati secara bersama tidaklah membingungkan. Orientasi merupakan gambaran umum tentang apa yang akan dibicarakan, atau pengantar menuju masalah yang akan dibicarakan. sedangkan evaluasi adalah masalah yang dapat mengundang beberapa pandangan baik pro maupun kontra.

Tafsiran sama halnya dengan deskripsi teks, yakni memuat pandangan yang mendukung (pro) disertai alasan yang meyakinkan. Di samping pernyataan yang mendukung, juga memuat pandangan yang menulak (kontra).


1 komentar:

  1. Makasih gan... Saya jadi bisa mengerjakan tugas b.indo saya berkat ini,strukturnya juga sama dengan yang disuruh oleh guru saya

    BalasHapus

silakan Anda komentar dengan memperhatikan etika yang santun